Pengobatan Nonmedis

PENGERTIAN DO'A,WIRID & HIJIB

30/10/2009 00:00

          Segala puji bagi Alloh,kita memuji-Nya,memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya,kita berlindung kepada Alloh dari kejahatan diri kita dan kejelekan amalan-amalan kita,barang siapa yang Alloh beri petunjuk,maka tidak ada yang dapat menyesatkan,maka tidak ada yang dapat memberinya hidayah.Aku bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak di ibadahi dengan benar kecuali hanya Alloh semata tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan Alloh SWT.

  1. " Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Alloh dengan sebenar-benarnya takwa dan janganlah kalian mati kecuali dalam keadaan         Islam." (QS>Ali-Imron : 102 )
  2. " Wahai manusia,bertakwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakanmu dari diri yang satu,dan daripadanya Alloh menciptakan isterinya dan dari pada keduanya Alloh memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.Dan bertakwalah kepada Allohyang dengan (menggunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) bubungan silaturrahmi.Sesungguhnya Alloh selalu menjaga dan mengawasimu." (QS>An-Nisaa : 1 )
  3. " Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada Alloh dan ketakanlah perkataan yang benar,niscaya Alloh memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu dan barang siapa mentaati Alloh dan Rosul-Nya,maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar." (QS>Al-Ahzaab : 70-71 )

           Kata DO'A adalah berasal dari bahasa arab,yaitu sebagai masdar ( kata asal ) dari kata kerja DA'AA-YAD'UU artinya meminta,memohon, memanggil dan lain-lain.DUS, do'a itu berarti permintaan,permohonan,panggilan dan lain-lain.Sedangkan menurut istilahnya,do'a itu berarti memohon kepada Alloh dengan cara-cara tertentu.

          Adapun WIRID,HIJIB sebagaimana tersebut dalam syarah arrootib adalah sebagai berikut : " Adapun hakikat wirid,hizib & rootib itu adalah sesuatu yang dikerjakan untuk peribatan.Sedangkan menurut istilahnya,kumpulan dzikir-dzikir dan do'a-do'a yang disusun untuk dzikir atau tadzakkur atau untuk memohon perlindungan dari kejahatan dan memohon kebaikan atau untuk membuka pintu pengetahuan atau mendapatkan ilmu dengan memusatkan hati dan kemauan kepada Alloh Ta'alla. "

FUNGSI DO'A

Do'a itu berfungsi sebagai berikut :

  1. Bila seorang hamba selalu berdo'a dan berdzikir,selalu memohon perlindungan kepada Alloh dari berbagi keburukan,niscaya hatinya menjadi tenang karena ingat kepada Alloh,Alloh SWT berfirman : " Ingatlah,hanya dengan menginggat Alloh hati menjadi tenang." (QS.Ar-Ra'd : 28 )
  2. Kalau mereka mau memahami satu saja dar hadits Nabi SAW yang shahih itu dari sekian banyak hadits,maka mereka akan sadar bahwa do'a dan dzikir itu dilaksanakan dengan cara sembunyi dansuara perlahan.Dalam hadits tujuh golongan yang akan dilindungi ALLOH SWT pada hari kiamat,diantarnya Rosululloh SAW bersabda : " ...seorang yang berdzikir kepada Alloh dalam keadaan sepi/menyendiri,lalu mengalirlah air matanya ........" ( HR.Al-Bukhari )
  3. Alloh SWT berfirman : " berdo'alah kapada Rabb-mu dengan berendah diri dan suara yang lembut.Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." ( QS.Al-A'raaf : 55 )
  4. Dalam sebuah hadits dari Abu Musa Al-Asy'ari,ia berkata : " Orang-orang mengangkat suaranya bertakbir dan berdo'a." kemudian Rosululloh SAW bersabda : " Hai sekalian manusia,kasihanilah diri kalian sesungguhnya kalian tidak berdo'a kepada Rabb yang tuli dan tidak juga jauh.Sesungguhnya yang kalian berdo'a kepada-Nya adalah Yang Maha Mendengar dan Maaha Dekat,Dia bersama kalian." ( HR>Al-Bukhari )
  5. Seperti Nabi Zakaria AS.berdo'a dengan suara yang lembut : " Yaitu ketika ia berdo'a kepada Rabb-nya dengan suara yang lembut." ( QS>Maryam : 3 ) " Dan sebutlah (Nama) Rabb-mu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara,di waktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai." ( QS>Al-A'raaf : 205 )
  6. Senjata orang mu'min,Rosululloh SAW bersabda " Do'a adalah senjata orang beriman,tiang agama dan cahaya langit dan bumi " ( H.R ABU YA'LA & HAKIM ).
  7. Otak ibadah,Rosululloh SAW bersabda " Do'a adalah otak ibadah." ( H.R. BUKHARY )

 

googles,yahoo

Contact

Ki Ageng Tubagus

ki_ageng_tubagus@yahoo.com

JL. B I No. 49 Rt. 007/05 Kel Rawa Badak Utara Kec Koja Jakarta Utara 14320

021-32265318 / 08128217476

Search site

© 2009 Kiageng Tubagus Team.

Make a website for freeWebnode